BUKU PEDOMAN PENDIDIKAN 

RUMAH TAHFIDZ GRAHA QUR’AN MADANI

YAYASAN DIDIK MADANI
SK MENHUM: AHU-00037773.AH-01.04. Thn. 2017

web BUKU PEDOMAN PENDIDIKAN RTQ GRAHA QURAN MADANI

DAFTAR ISI

  • Pengantar
  • Definisi Program RTQ Graha Qur’an Madani
  • Visi Misi RTQ Graha Qur’an Madani
  • Komponen Program RTQ Graha Qur’an Madani
  • Budaya RTQ Graha Qur’an Madani
    1. Awal dan Akhir Belajar
    2. Tata Tertib Santri
    3. Akhlak Santri
    4. Ikrar Santri 561
  • Kurukulum dan Standard Lulusan Santri RTQ Graha Qur’an Madani
  • Syarat Menjadi Mitra Dakwah
  • Pendanaan Operasional RTQ Graha Qur’an Madani
  • Lembaga Zakat Graha Qur’an Madani Peduli (GQ Peduli)

Buku Pedoman Pelaksanaan Pendidikan RTQ Graha Qur’an Madani ini adalah sistem prosedur yang dibuat oleh Yayasan Didik Madani selaku pengelolah yang wajib ditaati oleh seluruh civitas RTQ Graha Qur’an Madani (Guru, Santri dan mitra dakwah) di manapun berada. Sistem prosedur ini digunakan untuk menjaga mutu pendidikan dan output lulusan santri RTQ Graha Qur’an Madani.

 

PENGANTAR

Rasulullah SAW bersabda, “Allah mempunyai keluarga Para sahabatpun bertanya, “Siapakah mereka menjawab, “Para-Qur’ahlin. Mereka keluarga-pilihan Allah”(HR Ahmad).  

Indonesia adalah Negara mayoritas berpenduduk muslim, tetapi kenyataan yang terjadi sekarang adalah melemahnya identitas kita sebagai Negara muslim. Ini dapat dilihat dengan banyaknya masyarakat yang masih belum bisa istiqomah dalam beribadah karena berbagai macam alasan seperti bekerja, belajar, berdagang, dan lain sebagainya.

Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Graha Qur’an Madani merupakan wadah yang dapat dijadikan sebagai motor penggerak masyarakat untuk dapat bersama-sama mengembalikan citra Indonesia yang merupakan negara muslim dengan menjaga amal ibadah yang wajib ataupun yang sunnah. Dengan menjalankan Metode Graha Qur’an, diharapkan identitas kita sebagai muslim baik di mata Allah SWT disbanding dengan Negara lain jauh lebih berkualitas.

RTQ Graha Qur’an Madani merupakan program yang digagas oleh Graha Qur’an Madani PiES dalam mengembangkan centra-centra tahfidz dilingkungan masyarakat, komunitas, lembaga pendidikan, perusahaan dan instansi. Ide dasarnya untuk membibit dan mencetak para penghafal Al-Qur’an. Dengan melibatkan potensi masyarakat yang ada.

Rumah  tahfidz  menjadi  salah  satu  sarana  membangun  generasi  yang qur’ani dan berakhlakul karimah. Tidak harus besar untuk membangun Graha Qur’an Madani ini, hanya menyewa beberapa rumah dan menempatkan anak-anak SD yang duduk di kelas 4, 5 dan 6 untuk dididik sebagai penghafal al-Qur’an, pada akhirnya-anakini anak yang akan mewarnai perkembangan Pesantren di daerahnya masing-masing.

Operasional Graha Qur’an Madani pun memaksimalkan potensi yang ada, seperti pusat pembelajaran tahfidz dilakukan di masjid atau mushola dan santri-santri pun sekolah menggunakan sekolah yang sudah ada di sekolah tersebut, kecuali guru-guru tahfidz yang disediakan oleh Graha Qur’an Madani dengan tujuan dan visi misi yang sama yaitu mendidik dan melahirkan generasi masa depan yang berpotensi menjadi 4-4 : PEMIMPIN (umara) yang jujur dan adil, PENDIDIK (Ulama) yang telada, PENGUSAHA yang dermawan dan PROFESIONAL yang kompeten di bidangnya.

Dengan gerakan cintai Qur;an dan Kenali POtensi Diri dan menghasilkan 561 Santri setiap tahun.

DEFINISI PROGRAM RTQ GRAHA QUR’AN MADANI

  1. Definisi Rumah Tahfidz (RTQ) Graha Qur’an Madani

Rumah Tahfidz Qur’an (RTQ) Graha Qur’an Madani adalah lembaga pendidikan Al-Qur’an berbasis Metode PiES Tes Potensi Diri. Tempat penghafal Al-Quran dan pembangunan akhlak generasi berbasis rumah hunian, lingkungan, dan komunitas.

  1. RTQ Graha Qur’an Madani adalah program social pendidikan dari Yayasan Didik Madani
  2. RTQ Graha Qur’an Madani Graha Qur’an Madani embrio dan   gerbang   membangun masyarakat dengan dakwah Al-Qur’an untuk mencap terwujudnya masyarakat madani yang punya nilai-nilai keislaman dalam wujud perilaku kehidupan.
  3. RTQ Graha Qur’an Madani adalah agen perubahan masyarakat.
  4. RTQ Graha Qur’an Madani adalah sarana untuk membangun kemandirian masyarakat.


VISI MISI TUJUAN

VISI

Membangun peradaban keluarga – bangsa madani yang mencintai-mengamalkan Al-Qur’an-Sunnah (berakhlakul karimah) dan mengenali potensi diri yang mandiri secara ekonomi, pendidikan, sosial berbasis sumberdaya lokal demi menjadi Rahmatan Lil Alamin.

MISI

  1. Mendidik dan melahirkan santri masa depan yang berakhlakul karimah yang berpotensi menjadi 4-P : PEMIMPIN (Umara) yang jujur dan adil, PENDIDIK (Ulama) yang teladan, PENGUSAHA yang dermawan, PROFESIONAL yang kompeten di bidangnya.
  2. Menjadi sahabat keluarga wali santri dalam mengasuh, mendidik, menemukan, melejitkan potensi diri terbaik anak tercinta agar menemukan “karpet merah” masa depannya (jurusan sekolah, karir, jodoh masa depan).
  3. Menjalin sinergi dan menginspirasi masyarakat/komunitas lokal, mushola, masjid, TPQ) dalam gerakan Cintai Qur’an-Kenali Potensi Diri dengan metode Graha Qur’an Madani dan PiES Potensi Diri
  4. Menjalin sinergi dengan lembaga pendidikan formal (SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi) dalam pemberian beasiswa santri Rumah Tahfidz Graha Qur’an Madani.

 

TUJUAN

  1. Lahirnya 561 generasi hafidz/hafidzah yang berakhlakul karimah, mencintai Al-Qur’an dan mengenali potensi diri yang siap menjadi 4-P : PEMIMPIN (Umara) yang jujur dan adil, PENDIDIK (Ulama) yang teladan, PENGUSAHA yang dermawan, PROFESIONAL yang kompeten di bidangnya setiap tahun pada tahun 2040.
  1. Lahirnya 561 kader guru (Ustadz/ustadzah) Rumah Tahfidz Graha Qur’an Madani di Indonesia yang “Cinta Al-Qur’an dan Kenal Potensi Diri dan memahami dan menerapkan metode PiES Potensi Diri dalam mendidik santri pada tahun 2040.
  1. Terbentuknya 1 mitra dakwah Rumah Tahfidz Graha Qur’an di 514 kota dan kabupaten di Indonesia pada tahun 2045 (100 Tahun Kemerdekaan RI)
  1. Terjalinnya sinergi dengan masyarakat/komunitas lokal, mushola, masjid, TPQ) dalam gerakan Cintai Qur’an-Kenali Potensi Diri dengan metode Graha Qur’an Madani dan PiES Potensi Diri.
  1. Terjalinnya sinergi dengan lembaga pendidikan formal (SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi) dalam pemberian beasiswa santri Rumah Tahfidz Graha Qur’an Madani.
  1. Berdirinya lembaga formal (SD / SMP / SMA / Perguruan Tinggi / Pondok Pesantren) berbasis metode PiES Potensi Diri yang mencintai Al-Qur’an dan mengenali potensi diri pada tahun 2024.
  1. Berdirinya lembaga amil zakat infaq, shodaqoh yang amanah dan profesional yang fokus pada program pendidikan, ekonomi dan sosial umat pada tahun 2024.


ARTI LOGO DAN MAKNA GRAHA QUR’AN MADANI (YAYASAN DIDIK MADANI)

Cintai Qur’an, Kenali Potensi Diri

Lafadz “Allah”

Melambangkan Allah diatas segalanya, semua kegiatan di muka bumi ini adalah untuk menegakan kalimat Allah dan mencari ridho Allah

 

4 Pilar P – I – E – S

Menunjukan 4 sifat Nabi Muhammad SAW : Shidiq (Jujur) –  Amanah – Tabligh (penyampai pesan) – Fathonah

 

– Menujukkan metode PiES Tes Potensi Diri

– Menjukan 4 potensi manusia (Physical Intelectual Emotional Spiritual)

 

Tulisan 561

Mengartikan 5 Aksi Rukun Islam, 6 Prinsip Rukun Iman, 1 hati Ihsan (berdasarkan Hadist Jibril)

 

Gambar Al-Qur’an

Mengartikan tempat belajar Al-Qur’an sebagai pedoman hidup dan sember segala ilmu dan kebaikan

 

Warna Hijau

Mengartikan kesejukan dan kedamaian

 

Warna Biru

Mengartikan kebijaksanaan dan ketegasan, pendidikan dan professional

 

MOTO

Cintai Al-Qur’an, Kenali Potensi Diri


 

PRINSIP PROGRAM RTQ GRAHA QUR’AN MADANI

Graha Qur’an Madani dalam melaksanakan aktivitasnya bersifat independen dan tidak berpihak pada kepentingan politik, Graha Qur’an Madani ada untuk semua golongan dengan kepentingan dakwah Al-Qur’an.

 

Sasaran Program

Masyarakat muslim yang meliputi anak-anak termasuk balita, remaja, dewasa maupun orang tua baik laki-laki maupun perempuan yang tinggal di suatu kawasan berbasis:

 

  1. Perorangan : Seseorang yang berniat berdakwah dan istiqomah mensyiarkan nilai-nilai Agama Islam dalam gerakan Cintai Qur’an, Kenali Potensi Diri yang berminat mendirikan RTQ Graha Qur’an Madani

 Komunitas : Aktivitas Graha Qur’an Madani berada di tengah lingkungan masyarakat di pedalaman, pedesaan, perkotaan, perumahan yang di dalamnya terdapat TPA/TPQ.

Masjid : Aktivitas Graha Qur’an Madani berada di tengah lingkungan masjid yang di dalamnya terdapat TPA/TPQ.

Sekolah/Madrasah : Aktivitas Graha Qur’an Madani berada di tengah lingkungan sekolah/madrasah baik formal ataupun informal.

Mahasiswa : Aktivitas Graha Qur’an Madani berada di tengah lingkungan perguruan tinggi/untiversitas.

Perusahaan/instansi : Aktivitas Graha Qur’an Madani berada di tengah lingkungan perusahaan/instansi.

 

Komponen Program

  1. Masyarakat

Sekumpulan orang yang terdiri dari berbagai kalangan baik golongan mampu atau tidak mampu yang tinggal di dalam satu wilayah muslim yang memiliki tujuan sama untuk memuliakan Al-Qur’an dan mengamalkan-nilainya dalam nilai kehidupan sehari-hari.

 

  1. Sarana dan Prasarana

Sarana adalah tempat, ruang belajar, dan lingkungan yang kondusif.

  • Prasarana adalah alat penunjang pendidikan meliputi perlengkapan belajar.

 

  1. Pengasuh atau Ustadz/Ustadzah
  • Pengasuh RTQ Graha Qur’an Madani adalah seseorang yang mendapatkan lisensi dan di tugaskan Graha Qur’an Madani (Yayasan Didik Madani).

 

  • Ustadz/Ustadzah adalah seseorang yang memiliki kompetensi untuk mengajarkan pelajaran agama Islam berbasis metode PiES Potensi Diri.

 

  • Asaatidz (Dewan Guru) Graha Qur’an Madani adalah beberapa orang yang ditunjuk Graha Qur’an Madani untuk menjadi pengajar, dengan kriteria memiliki hafalan minimal 15 juz, dan memahami Graha Quran Method, dan wawasan Dirosah Islamiyah.

 

Kriteria Asatidz Graha Qur’an Madani:

  • Diutamakan yang sudah menikah (suami istri hafidz dan hafidzoh) jika dalam Graha Qur’an Madani ada santri laki-laki dan perempuan yang mukim dengan tetap penginapan yang dipisah.

 

  • Diutamakan hafal minimal 15 juz untuk ustadz yang mukim dan lolos seleksi oleh Dewan Tahfidz RTQ Graha Qur’an Madani.

 

  • Komunikatif dan mampu memberikan pengajaran tahfidz.

 

  • Tidak mengajarkan  hal-hal  yang  bertentangan  dengan  Al- Qur’an  dan

 

  • Tidak aktif dalam berpolitik.

 

  • Melakukan peran community development kepada masyarakat sekitar Graha Qur’an Madani.

 

  1. Santri

Santri Graha Qur’an Madani adalah individu yang belajar dan menghafal Al- Qur’an  di  dalam  rumah  tahfidz  baik  mukim ataupun non mukim.

 

Kriteria Santri Graha Qur’an Madani:

  • Mempunyai keinginan yang kuat untuk mengaji dan menghafal Al-Qur’an 30 juz.
  • Santri diprioritaskan untuk masyarakat di sekitar Graha Qur’an Madani berdiri.
  • Berakhlaq mulia dan siap untuk dibina.

 

  1. Kategori Santri Graha Qur’an Madani
  • Santri Mukim adalah santri Graha Qur’an Madani yang tinggal dan menetap di asrama Graha Qur’an Madani dengan target hafalan 30 juz selama 3 tahun.

 

  • Santri Non Mukim adalah santri Graha Qur’an Madani yang tidak tinggal dan menetap di asrama Graha Qur’an Madani dengan target hafalan 30 juz selama 5 tahun.

 

  1. Pendidikan santri
  • Sesuai peraturan Kementerain Agama RI, RTQ Graha Qur’an Madani mendidikn satri usia mulai PAUD hingga SMA atau tak terbatas

 

  • Santri Graha Qur’an Madani yang tidak mengikuti sekolah formal di luar Graha Qur’an Madani dan diikutkan dalam ujian paket di tahun ke-3

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LISENSI dan PEMBINAAN MITRA DAKWAH / CABANG RTQ GRAHA QUR’AN MADANI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 

Yayasan Didik Madani selaku manegemen pendidikan RTQ Graha Qur’an Madani mempunyai memiliki fungsi untuk menajga standard mutu, pemberian ijin, pencabutan ijin, melakukan control dan evaluasi mutu terhadap jalannya kegiatan pendidikan etika dan koordinasi dengan mitra dakwah / cabang RTQ Graha Qur’an Madani meliputi:

 

Pemberian Ijin Pendirian Cabang (Lisensi Mitra Dakwah)

Yayasan Didik Madani selaku pengelolah RTQ Graha Qur’an Madani memiliki kewenangan untuk memberikan lisensi dan ijin kepada pihak-pihak untuk menjadi mitra dajwah dalam mendirikan cabang RTQ melalui uji kelayakan.

 

Pencabutan /Penutupan Ijin Cabang RTQ Graha Qur’an Madani

Yayasan Didik Madani selaku pengelolah RTQ Graha Qur’an Madani berhak mencabut ijin lisensi terhadap mitra dakwah jika dalam perjalanan ditemukan penyimpangan dan tidak mentatati kode etik dan peraturan yang sudah di tetapkan.

 

Jika terjadi penyalahgunaan wewenang atau tindakan asusila, criminal terhadap jalannya pendidikan maka managemen Yayasan Didik Madani tidak bertanggungjawab secara hukum dan akan di tindak sesusai hukum yang berlaku.

Pencabutan Ijin dilakukan meliputi:

  • Penyalahgunaan Anggaran dan wewenang
  • Mengatasnamakan RTQ Graha Qur’an Madani untuk kepentingan pribadi
  • Melakukan tindakan asusila terhadap santri
  • Melakukan keteledoran terhadap keamanan santri yang menyebabkan kecelakaan, kematian dan tuntutan hukum

 

Yayasan Didik Madani berhak melakukan pembinaan dan terhadap menagemen dan audit Keuangan RTQ Graha Quran Madani cabang Program Graha Qur’an

 

Dalam menjalankan program RTQ Graha Quran Madani, tidak diperkanankan memungut biaya SPP bulanan, melainkan hanya menerima Infaq sukarela dari wali santri, kecuali untuk kepentingan seragam dan kegiatan ekstra kurikuler lain yang di sepakati oleh wali santri

 

Dalam Dalam menjalankan program RTQ Graha Quran Madani, mitra dakwah wajib membentuk Dewan Wali Santri yang berfungsi sebagai pengawas seklaigus mitra jalannya pendidikan.

 

 

Tanggungjwab Mitra Dakwah / Cabang RTQ Graha Qur’an Madani

  • Memastikan ijin dari RT RW setempat untuk pendirian RTQ Graha Quran Madani
  • Menampung dan menyampaikan aspirasi dari RT kepada RTC.
  • Mengikuti kegiatan pembinaan SDM yang dilakukan oleh Yayasan Didik Madani
  • Melaporkan informasi secara berkala di wilayah kepada Yayasan Didik Madani (per bulan).

 

Updating data Informasi Cabang RTQ Graha Qur’an Madani

  • Nama Graha Qur’an Madani dan Nomor Registrasi
  • Alamat Lengkap
  • Pengurus dan kontaknya
  • Jumlah Pengajar dan kontaknya (Nama, Kontak, dan Jumlah hafalan)
  • Jumlah penerima Simpatik Guru (Nama dan Kontak)
  • Jumlah santri (Mukim dan Non mukim, progres hafalan santri)
  • Waktu berdiri
  • Yayasan yang menaungi
  • Survey dan klasifikasi RT
  • Penentuan nomor induk RT
  • Penyeragaman plang RT sesuai status
  • Monitoring dan evaluasi

 

 

  1. Upgrading SDM Pengurus RTQ Graha Qur’an Madani
    • Manajerial dan pengelolaan Graha Qur’an Madani.
    • Upgrading wawasan dan keilmuan berdasarkan metode PiES Tes Potensi Diri .
    • Upgrading metodologi tahsin dan tahfidz.
    • Jam’iyyah tahfidzlap assatidznan RT per daerah.

 

  1. Kewajiban Graha Qur’an Madani Mitra:
    1. Menyediakan Tempat Tinggal untuk Tenaga Pengajar dan Santri (jika santrinya mukim).
    2. Bersedia berkoordinasi dalam bimbingan Graha Qur’an Madani Center.
    3. Mempunyai donatur yang bersedia membiayai operasional Graha Qur’an Madani.

 

  1. Syarat Guru Tahfidz
  • Diutamakan yang sudah menikah (suami istri hafidz dan hafidzoh) jika dalam Graha Qur’an Madani ada santri laki-laki dan perempuan yang mukim dengan tetap penginapan yang dipisah.
  • Diutamakan hafal 30 juz untuk ustadz yang mukim dan lolos seleksi oleh Dewan Tahfidz dan Graha Qur’an Madani Center.
  • Komunikatif dan mampu memberikan pengajaran tahfidz.
  • Tidak mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan Al-Qur’an dan Sunnah.
  • Tidak aktif dalam berpolitik.
  • Melakukan peran community development kepada masyarakat sekitar Graha Qur’an Madani.

 

  1. Syarat Santri
    1. Administratif:

 

  • Diutamakan yang berdomisili di sekitar wilayah Graha Qur’an Madani.
  • Diutamakan yang berprestasi.
  • Mampu baca dan tulis Al-Qur’an.
  • Foto Copy KK.
  • Foto Copy KTP wali santri.
  • Surat keterangan sehat dari doktr

 

  1. Kemampuan:
    • Sudah lancar membaca Al-Qur’an.
    • Mempunyai keinginan   yang   kuat   untuk   mengaji   dan

menghafal Al-Qur’an  30  juz.

  • Berakhlaq mulia dan siap untuk dibina.

 

  1. Syarat Kelembagaan
    • Ada surat penunjukkan dari  Rumah Tahfidz Graha Qur’an Madani Center.
    • Terdapat tempat untuk kegiatan belajar mengajar.
    • Status tempat tidak bermasalah .
    • Mampu menampung minimal 15 santri.
    • Tidak bermasalah dengan lingkungan sekitar.
    • Adanya jaminan secara sosial bahwa tempat tersebut dapat dipergunakan untuk Graha Qur’an Madani.

 

  1. Syarat Pengajaran
  • Sesuai denga standar yang sudah ditentukan Graha Qur’an Madani Center.
  • Adanya laporan secara periodik .
  • Seorang pengajar bertanggung jawab pada peserta didiknya.
  • Setiap Pengajar membimbing 10 –20 santri.
  • Pengajar berkewajiban memberikan penilaian terhadap peserta didik .
  • Pengajar berkewajiban melakukan kontrol dan evaluasi terhadap peserta didik.
  • Pengajar bertanggung jawab dalam memberikan laporanya pada pengawas area.
  • Dalam pengajarannya tidak dibenarkan memberikan hal –hal yang menyimpang  dari  Alnah. Qur’an  &  Sunnah

 

  1. Output & Indikator Keberhasilan Program
  • Dalam 3 tahun dapat meluluskan santri mukim dengan hafalan 30 juz.
  • Dalam 5 tahun dapat meluluskan santri non mukim dengan hafalan 30 juz.
  • Santri bisa berkomunikasi dengan bahasa Arab dan Inggris dalam 3 tahun.
  • Santri memahami dan mengamalkan nilai-nilai keislaman.
  • Terciptanya budaya GRAHAQU Method pada santri, guru, orang tua, pengelola dan masyarakat.
  • Terwujudnya  kawasan religius berbasis  komunitas, kampung, dan wilayah.
  • Graha Qur’an Madani menjadi tempat pembelajaran Al Qur’anbagi masyarakat.
  • Adanya peningkatan hafalan Al Qur’an yang diperoleh santri dan warga sekitar.
  • Munculnya kecintaan terhadap Al-Qur’anpada santri dan masyarakat sekitar.

 

 

IKRAR SANTRI 561

 

5 AKSI RUKUN ISLAM

Syahadat Sumpahku

Sholat Karakterku

Puasa Pengendaliku

Zakat Keluarkan Potensiku

Haji Derap Langkahku

 

6 PRINSIP RUKUN IMAN

  • Allah SWT Tujuanku
  • Malaikat Pencatatku
  • Al-Qur’an Pedomanku
  • Nabi dan Rasul Teladanku
  • Hari Kiamat Cita-cita (Perhitunganku)
  • Ikhlas Tawakal Sikapku

 

HATI IHSAN

  • Ihsan Perbuatanku – Allah Selalu Melihatku

 

 

5 AKHLAK SANTRI

 

JUJUR

SIDIQ, jujur, berkata, bersikap dan bertindak sesuai fakta karena ketakutan dan pengawasan Allah SWT.

 

DISIPLIN-AMANAH

AMANAH – disiplin, memegang janji, dapat dipercaya dan bertanggung jawab.

 

KOMUNIKATIF

TABLIGH – menyampaikan sesuai amanah yang diberikan, memahami kebutuhan emosi orang (Proactive-Interactive-Emphaty- Systemic – PiES) dengan sopan santun dalam semangat KERJASAMA dan KEADILAN.

 

VISI-INOVASI

FATHONAH – cerdas, berpandangan jauh, mau belajar dan memperbaiki diri terus menerus (continuous improvement) dan menghasilkan manfaat (PROFIT).

 

KITA PEDULI

Mengeluarkan semua potensi diri terbaik yang berkesinambungan untuk alam semesta demi menjadi Rahmatan Lil Alamin (People & Planet).

 

(5 Akhlak santri diambil dari 4 sifat mulia Nabi Muhammad, SAW + 1 Kita Peduli)

 

 

Budaya Graha Quran Madani adalah:

  1. Iqoomatul wajib waihyaaussunnah (mendirikan yang wajib dan menghidupkan yang sunnah).
  2. Sholat fardhu berjamaah pada awal waktu beserta shalat Qobliyah-Ba’diyah-nya,
  3. Tilaawatul, hifdzuhu,Qur’fahmuhu,n  wal  ’amalui   bih (membaca Al Qur’an, memahami, menghafalkan dan mengamalkannya).
  4. Qiyamul Lail, Sholat Dhuhaa, Puasa Sunnah, Dzikir dan Sholawat.
  5. Zakat dan Sedekah.
  6. Atta’allum (belajar dan mengajar).
  7. Addu’aa tid’aawal (minta doa dan dido’akan)
  8. Al-ikhlaas, as-shobru, as-syukru warridho (ikhlas, sabar, syukur dan ridho)

 

 

DOA PEMBUKA DAN PENUTUP BELAJAR

 

Pembuka Belajar

  • Sambil Duduk Membaca Doa Pembuka Belajar
  • Sambil berdiri meneriakan Yel-yel 5 Akhkal Santri
  • Santri kembali duduk dan menuju ruangan kelompok masing-masing

 

RTQ GRAHA QUR’AN MADANI

Sebelum kegiatan belajar dimulai Santri dalam posisi duduk rapi, pengajar berada dalam posisi duduk pada waktu mengucapkan salam kepada santri yang juga dalam keadaan duduk rapi. Pembacaan doa di baca dengan bacaan arab dan artinya agar memudahkan proses internalisasi makna dan rasa

 

 

DOA PEMBUKA RTQ Graha Qur’an Madani

 

  1. Doa mohon ampun untuk diri, untuk kedua orang tua dan para orang mukmin:

 

رَبِّ اغْفِرْلِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ آمِيْن

Rabbi ghfirlii wa liwalidayya wa lilmu’minina amin

 

Artinya : Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tua ku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil. Amin

 

 

  1. Doa Nabi Musa as :

 

رّبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي

وَيَسِّرْلِي أَمْرِي

وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي

يَفْقَهُوْا قَوْلِي

 

Rabbisyrahlii Shadrii

Wa Yassirlii ‘Amrii

Wahlul ‘Uqdatan Min Lisaanii

Yafqahuu Qaulii

 

Artinya :

Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku,

dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku

 

 

  1. DOA AWAL MULAI BELAJAR

 

ياَ فَتَّاحٌ ياَ عَلِيْمٌ۞

افْتَحْ لَنَاباَبَناَ۞

بِالقُرْآنِ العَظِيْمِ۞

نَصْرٌ مِنَ اللهِ۞

وَفَتْحٌ قَرِيْبٌ۞

وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ۞

اللَّهُمَّ نَوِّرْ بِكِتَابِكَ بَصَرِي۞

وَاطْلِقْ بِهِ لِسَانِي۞

وَاشْرَحْ بِهِ صَدْرِي۞

وَاسْتَعْمِلْ بِهِ جَسَدِي۞

بِحَوْلِكَ وَقُوَّتِكَ۞

فَإِنَّهُ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ بِكَ۞

وَإِنَّهُ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ إِلاَّ باِللهِ العَلِيِّ الْعَظِيْمِ۞

 

Ya fattaah ya ‘aliim

Iftah lanaa baabanaa

bil qur’anil ‘adzim

nashrun minallah

wa fathun qoriib

wa basysyiril mu’miniin

allahumma nawwir bikitaabika basharii

wa thliq bihii lisaanii

wa syrah bihii shadrii

was ta’mil bihii jasadii

bihaulika wa quwwatika fainnahuu laa haula wa laa quwwata illaa bika

wa innahu laa haula wa laa quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim

 

Amin, ya Rabal Alamin

 

Artinya :

 

Wahai Dzat yang Maha Pembuka dan Maha Mengetahui,

Bukakanlah kepada Kami pintu kami

Dengan Al Qur’an yang agung

Pertolongan dari Allah

Dan Kemenangan yang dekat

Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang beriman

Ya Allah dengan kitab-Mu terangilah dengan kitabmu penglihatanku,

bebaskan (belenggu) lidahku

lapangkanlah dadaku, bahagiakan diriku

terapkanlah kepada badanku

dengan daya dan kekuatanMu.

Sesungguhnya tak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan)Mu

Sesungguhnya tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.

 

Kabulkan Ya Allah…

 


DO’A AKHIR PELAJARAN

Penutup Belajar

  • Sambil Duduk Membaca Doa Pembuka Belajar
  • Sambil berdiri meneriakan Yel-yel 5 Akhkal Santri
  • Santri menicum tangan pengajar dengan berjajar rapid an pulang menginggalkan tempat belajar
  • Santri Piket tetap di tempat dan melakukan kewajian piketnya

 

  1. Doa akhir pelajaran

 

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي باِلقُرْآنِ۞

وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُوْراً وَهُدًى وَرَحْمَةً۞

اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ۞

وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ۞

وَاْرزُقْنِي تِلاَوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ۞

وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً ياَ رَبَّ العاَلَمِيْنَ۞

 

Allahummar hamnii bil qur’an

waj ‘alhulii imaaman wa nuuran wa hudan wa rahmah

allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu

wa ‘allimni minhu ma jahiltu

war zuqni tilaawatahu aana’al laili wa athraafan nahaar

waj ‘alhu lii hujjatan yaa rabbal ‘alamiin.

 

Artinya :

 

Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an dan jadikanlah Al-Qur’an untukku sebagai pimpinan, cahaya, petunjuk dan rahmat.

 

Ya Allah, ingatkan darinya apa yang aku lupa

dan ajarilah aku darinya apa-apa yang aku tidak tahu

dan berilah rizki kepadaku dengan membacanya tengah malam dan penghujung siang

dan jadikanlah dia untukku sebagai pembela. Wahai Tuhan semesta alam.

 

Semua santri berdiri dan meneriakan Yel Yel 5 Akhlak Santri…

Cium tangan guru

Selesai…

 

 


TATA TERTIB SANTRI
RTQ Graha Qur’an Madani

  1. Santri wajib minta ijin, mencium tangan dan minta doa dan minta maaf kepada kedua orang tua, kakek, kakak dari rumah.
  2. Berangkat dari rumah Santri harus datang 10 menit sebelum bel masuk, jam masuk santri pukul (15.30 – 17.30 wib)
  3. Setiap santri diwajibkan berbusana sopan, rapi dan tidak berkaos pendek, memakai kopyah (Peci) bagi santri putra.
  4. Setiap santri yang baru datang, diwajibkan memberi salam dan bersalaman kepada ustad/ustadzah / guru.
  5. Setiap santri wajib menerapkan sikap “Tawadhu” (mentaati perintah guru, memanggil guru dengan suara pelan, menunduk dan penuh tadzim kepada dewan guru, orang tua)
  6. Selama pelajaran, santri wajib menjaga hijab/bagi yang sudah aqil balik.
  7. Santri wajib bicara sopan dan baik, dengan nada rendah, saling menghargai, mengasihi dan menyayangi. (kakak kelas menyayangi adek kelas, adek kelas menghormti kakak kelas)
  8. dilarang bicara tidak sopan, kotor-kasar dan membuly teman, adik kelas atau kakak kelas.
  9. Bagi wali santri tidak diperkenankan mendampingi putra/putri didalam kelas selama proses belajar mengajar berlangsung
  10. Seluruh pihak rumah tahfidz ( Dewan guru, Wali santri, dan santri) diharapkan menanamkan tata krama, perbuatan dan ucapan yang baik.
  11. Bagi santri yang tidak masuk di harapkan memberi kabar /izin kepada pihak rumah tahfidz, guru atau teman sekelas. Jika dalam 1 pekan tidak masuk tanpa keterangan, maka akan ada surat peringatan terkait santri yang tidak serius dalam belajar.
  12. Bagi santri yang melanggar dihukum dengan hukuman yang mendidik:
    1. Minta maaf kepada yang bersangkutan
    2. Membaca Istiqfar (contoh: 25 x)
    3. Hafalan surat tertentu sekian kali
    4. Hafalan Asmaul Husna
    5. Hafalan 5 Akhlak Santri
    6. Hafalan Ikrar Santri 561

 

 

KURIKULUM DAN STANDARD KOMPETENSI

RTQ Graha Quran Madani

 

sesuai peraturan Kementerian Agama RI, kurikulum RTQ Graha Qur’an Madani terdiri atas :

 

60 % Tahfidz dan Ulumur Qur’an

 

40 % Pengembangan Potensi Diri

Adab Akhlak Aqidah

PiES Tes Potensi Diri

PiES WAY 561 (5 Aksi Rukun Islam, Prinsip Rukun Iman, 1 Hati Ihsan)

Enterprenuer

Bahasa Arab

Bahasa Inggris

 

 

KURIKULUM

 

PAUD – TK

Standar Kompetensi

  1. Memahami Adab sehari-hari
  2. Memahami gerakan dasar sholat dan wudhu
  3. Doa harian
  4. Mengenal hufuf hijaiyah
  5. Hafal Surat Al Fateha
  6. Mampu menceritakan anggota keluarga dengan baik

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok

Adab, Sholat, Wudhu, Doa harian, Huruf Hijaiyah, Surat Al Faetha, Power Speaking

 

Santri mampu melakukan Adab, Sholat, Wudhu, Doa harian, Huruf Hijaiyah, Surat Al Faetha, Power Speaking

Santri Dapat:

Adab, Sholat, Wudhu, Doa harian, Huruf Hijaiyah, Surat Al Faetha, Power Speaking

 

Adab, Sholat, Wudhu, Doa harian, Huruf Hijaiyah, Surat Al Faetha, Power Speaking

 

 

Kelas 1 SD

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal  Al  Qur’an- An-Naas sampai surat Al-A’la
  2. Mampu mengulang hafalan surat An-Naas sampai Al-A’la.
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat An-Naas sampai Al-A’la.
Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat An-Naas sampai Al-Ala Santrisudah hafal surat: An-Naas sampai Al A’la

Santri Dapat:

Membaca surat An-Naas sampai Al-A’la dengan baik dan benar.

 

Hafal surat An- Naas sampai Al- A’la  dengan baik dan benar.

Surat An- Naas sampai Al-A’la

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal  Al  Qur’an At-Thoriq sampai surat An-Naba
  2. Mampu mengulang hafalan surat At-Thoriq sampai An-Naba.
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat AT-Thoriq sampai An-Naba.
Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat At- Thoriq sampai An-Naba Santri harus sudah hafal surat AT Thoriq sampai An-Naba

Santri Dapat:

Membaca surat AT-Thoriq sampai An- Naba dengan baik dan benar.

 

Hafal surat AT- Thoriq sampai An-Naba dengan baik dan benar.

Surat AT-Thoriq sampai An-Naba

 

 

Kelas 2 SD

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal  Al  Qur’an-Mulk darisampai suratsuratNuh.  Al
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Mulk sampai Surat Nuh.
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Mulk sampai Surat Nuh.

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al-Mulk sampai Surat Nuh

Santri harus sudah

Hafal surat Al Mulk sampai

Surat Nuh

Santri Dapat:

Membaca surat Al-Mulk sampai Nuh dengan baik dan benar.

 

Hafal surat Al- Mulk sampai Nuh dengan baik dan benar.

Surat Al-Mulk

sampai Surat Nuh

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al  Qur’an Al-Jin sampai dari surat surat Al-Mursalat.
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Jin sampai Al-Mursalat.
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Jin sampai Al-Mursalat.

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al-Jin sampai Al- Mursalat Santri harus sudah hafal surat Al-Jin sampai Al Mursalat

Santri Dapat: Membaca surat Al-Jin sampai Al-Mursalat dengan baik dan benar.

 

Hafal surat Al- Jin sampai Al-Mursalat dengan baik dan benar.

surat Al- Jin sampaiAl-Mursalat

 


Kelas 3 SD

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal   Al   Qur’an Al-Baqarah dari ayat surat 1 sampai ayat 76.
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Baqarah ayat 1 sampai ayat 76.
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Baqarah ayat 1 sampai ayat 76.

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al-Baqarah ayat 1 sampai ayat 76 Santri harus sudah hafal surat: Al- Baqarah ayat 1 sampai ayat 76

Santri Dapat: Membaca surat Al-Baqarah ayat 1 sampai ayat 76 dengan baik dan benar.

 

Hafal surat Al- Baqarah ayat 1 sampai ayat 76 dengan baik dan benar.

Al- Baqarah ayat 1 sampai ayat 76

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al  Qur’an Al-Baqarah dari ayat 77 surat sampai ayat Al 141 (juz 1).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Baqarah ayat 77 sampai ayat 141 (juz 1).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Baqarah 77 ayat sampai ayat 141 (juz 1)

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al-Baqarah ayat 77 sampai ayat 141 Santri Harus sudah hafal surat: Al Baqarah 77 ayat Sampai ayat 141

Santri Dapat:

Membaca surat Al-Baqarah ayat 77 sampai ayat 141 dengan baik dan benar.

 

Hafal surat Al- Baqarah ayat 77 sampai ayat 141 dengan baik dan benar.

Al- Baqarah ayat 77 sampai ayat 141

 

 

 

Kelas 4 SD

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al Qur’an-Baqarah dari ayat 142 surat sampai ayat Al 252 (Juz 2).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Baqarah ayat 142 sampai ayat 252 (Juz 2).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Baqarah ayat 142 sampai ayat 252 (Juz 2).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al Baqarah ayat 142 sampai ayat 252 (Juz 2)

Santri Harus sudah hafal surat: Al- Baqarah ayat 142 sampai

ayat 252 (Juz 2)

Santri Dapat: Membaca surat Al-Baqarah ayat 142 sampai ayat 252 (Juz 2) baik dan benar.

 

Hafal surat Al- Baqarah ayat 142 sampai ayat 252 (Juz 2) dengan baik dan benar.

Al- Baqarah ayat 142 sampai ayat 252 (Juz 2)

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al  Qur’an-Baqarah  dari ayat 253 surat sampai ayat Al Ali Imron ayat 91 (Juz 3).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Baqarah ayat 253 sampai ayat Ali Imron ayat 91 (Juz 3).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Baqarah ayat 253 sampai ayat Ali Imron ayat 91 (Juz 3).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al Baqarah ayat 253 sampai ayat Ali Imron ayat 91 (Juz 3) Santri harus sudah hafal surat: Al- Baqarah ayat 253 -Ali Imron ayat 91(Juz 3)

Santri Dapat: Membaca dan hafal surat Al- Baqarah 253  sampai Ali Imron ayat 91 (Juz 3) dengan baik dan benar.

 

Hafal surat Al- Baqarah ayat253 sampai al Imron ayat 91 (Juz 3) dengan baik dan benar.

Al- Baqarah ayat 253 sampai ayat Ali Imron ayat 91 (Juz 3)

 

 


Kelas 5 SD

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al   Qur’an   dari   surat   Ali   Imron sampai dengan Annisa ayat 23 (juz 4)
  2. Mampu mengulang hafalan surat Ali Imron ayat 92 sampai surat Annisa ayat 23 (juz 4),
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Ali Imron 92 sampai surat Annisa ayat 23 (juz 4).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Ali Imron ayat 92 sampai surat Annisa ayat 23 (juz 4) Santri harus sudah hafal surat: Ali Imron ayat 92 sampai surat Annisa ayat 23 (juz 4)

Santri Dapat:

Membaca surat Ali Imron ayat 92 sampai surat Annisa ayat 23 (juz 4) baik dan benar.

 

Hafal surat Ali Imron ayat 92 sampai surat Annisa ayat 23 (juz 4) dengan baik dan benar.

Ali Imron ayat 92 sampai surat Annisa ayat 23 (juz 4)

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al   Qur’an  dari  surat  Annisa  ayat (juz 5).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Ann-isa ayat 24 sampai ayat 147 (juz 5).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Annisa ayat 24 sampai ayat 147 (juz 5).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Annisa ayat 24 sampai ayat 147 (juz 5) Santri harus sudah hafal surat: Annisa ayat 24 sampai ayat 147 (juz 5)

Santri Dapat:

Membaca surat Annisa ayat 24 sampai ayat 147 (juz 5) dengan baik dan benar.

 

Hafal surat Annisa ayat 24 sampai ayat 147 (juz 5) dengan baik dan benar.

Annisa ayat 24 sampai ayat 147 (juz 5)

 

 


Kelas 6 SD

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al Qur’an dari  surat  Annisa  ayat-  148 Al-Maidah ayat 81 (juz 6).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Annisa ayat 148 sampai surat Al-Maidah ayat 81 (juz 6).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Annisa ayat 148 sampai surat Al-Maidah ayat 81 (juz 6).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Annisa ayat 148 sampai surat Al-Maidah ayat 81 (juz 6) Santri harus sudah hafal surat: Annisa ayat 148 sampai surat Al- Maidah ayat 81 (juz 6)

Santri Dapat:

Membaca surat Annisa ayat 148 sampai surat Al- Maidah ayat 81 (juz 6) baik dan benar.

 

Hafal surat Annisa ayat 148 sampai surat Al- Maidah ayat 81 (juz 6) dengan baik dan benar.

Annisa ayat 148 sampai surat Al Maidah ayat 81 (juz 6)

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al Qur’an Al-Maidah ayat  82 sampai surat Al-An’am  ayat  .110  (juz  7)
  2. Mampu mengulang  hafalan  surat  Al-Maidah  ayat  82 sampai surat Al-An’am  ayat  .110  (juz  7)
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Maidah ayat 82 sampai surat Al-An’am ayat 110 (juz 7).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al Maidah ayat 82 sampai surat Al- An’am  ayat 110 (juz 7) Santri sudah hafal surat: Al- Maidah 82 – Al An’am ayat 110 (juz 7)

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat Al-Maidah 82 – Al- An’am  ayat (juz 7) dengan baik dan benar.

 

Hafal surat surat Al-Maidah 82 – Al- An’am  ayat (juz 7) dengan baik dan benar.

Al- Maidah ayat 82 sampai surat Al- An’am ayat 110 (juz 7)

 

 


Kelas 1 SMP

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal   Al   Qur’an Al-Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5) Santri sudah hafal surat: Al- Baqarah 1 – Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5)

Santri Dapat:

 

Membaca dan hafal surat Al-Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5) baik dan benar.

Al- Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5)

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal   Al   Qur’an   dari   surat  -Annisa Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Annisa ayat 148 sampai At-Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Annisa ayat 148 sampai At-Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Annisa ayat 148 sampai At-Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10) Santri sudah hafal surat: Annisa ayat 148 sampai At-Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10).

Santri Dapat:

 

Membaca dan hafal surat Annisa ayat 148 sampai At- Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10) dengan baik dan benar.

Annisa ayat 148 sampai

At-Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10)

 


Kelas 2 SMP

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al Qur’an surat At-Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15).
  2. Mampu mengulang hafalan surat At-Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat At-Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat At- Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15) Santri harus sudah hafal surat: At Taubah 94 – Al- Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15)

Santri Dapat:

 

Membaca dan hafal surat At- Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 – juz 15) baik dan benar.

At- Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15)

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al Qur’an-Kahfi dari ayat7 5 sampai surat Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20)
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20)
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20)

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20) Santri harus sudah hafal surat: Al-Kahfi 75 sampai surat Al- Ankabut ayat 45 (juz 16 – juz 20).

Santri Dapat:

 

Membaca dan hafal surat Al- Kahfi ayat 75 sampai surat Al Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20) dengan baik dan benar.

Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al-  Ankabut ayat 45 (juz 16 – juz 20)

 

 


Kelas 3 SMP

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al Qur’an surat Al-Ankabut ayat 46 sampai Al-Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Ankabut ayat 46 sampai Al-Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Ankabut ayat 46 sampai Al-Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al- Ankabut ayat 46 sampai Al Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25) Santri harus sudah hafal surat: Al Ankabut 46 – Al- Jatsiah ayat 37 (juz 21 – juz 25)

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat Al- Ankabut ayat 46 sampai Al- Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25) baik dan benar.

Al- Ankabut ayat 46 sampai Al-Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25)

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal   Al   Qur’an surat Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30) Santri harus sudah hafal surat: Al-Ahqof 1 – Annas (juz 26 – juz 30)

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat Al Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 – juz 30) dengan baik dan benar.

Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 juz 30)

 


Kelas 1 SMA

Semester I

Standar Kompetensi

  • Hafal Al Qur’an dari surat Al-Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5).
  • Mampu mengulang hafalan surat Al-Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5).
  • Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5).
  • Mampu menyusun Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok

Hafal dari

surat Al-

Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5)

Memahami PiES Potensi Diri

Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

Power Speaking

Santri harus sudah hafal surat: Al Baqarah 1 – Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5)

Memahami PiES Potensi Dir

Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

Power Speaking

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat Al-Baqarah ayat 1 sampai surat Annisa ayat 147 (juz 1 – juz 5) baik dan benar.

Memahami PiES Potensi Diri

Memiliki Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

Power Speaking

 

Al- Baqarah ayat 1 sampai suratAnnisa ayat 147 (juz 1 – juz 5)

Memahami PiES Potensi Diri

Memiliki Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

Power Speaking

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal   Al   Qur’an   dari ayat surat Annisa ayat 148 sampai At-Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Annisa ayat 148 sampai At-Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Annisa ayat 148 sampai At-Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok

Hafal dari surat Annisa ayat 148 sampai At- Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10)

Memahami PiES Potensi Diri

Memiliki Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

Power Speaking

 

Santri harus sudah hafal surat: Annisa 148 – At Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10)

Memahami PiES Potensi Diri

Memiliki Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

Power Speaking

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat Annisa ayat 148 sampai At- Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10) dengan baik dan benar.

Memahami PiES Potensi Diri

Memiliki Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

Power Speaking

 

Annisa ayat 148 sampai At- Taubah ayat 93 (juz 6 –juz 10)

Memahami PiES Potensi Diri

Memiliki Proposal Hidup dan Aksi strategis masa depan

Power Speaking

 

 


Kelas 2 SMA

Semester I

Standar Kompetensi

  • Hafal Al Qur’an-Taubah surat At-Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15).
  • Mampu mengulang hafalan surat At-Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15).
  • Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat At-Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 – juz 15).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat At Taubah ayat 94 sampai Al- Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15)

Santri harus suda hafal Harus Sudah

Hafal surat: At-Taubah 94 – Al Kahfi ayat 74 (juz 11 –juz 15)

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat At- Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 – juz 15) baik dan benar.

At-Taubah ayat 94 sampai Al-Kahfi ayat 74 (juz 11 – juz 15)

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al Qur’an surat Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20) Santri harus sudah hafal surat: Al-Kahfi 75 Al-Ankabut ayat 45 (juz 16 – juz 20)

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat Al- Kahfi ayat 75 sampai surat Al Ankabut ayat 45 (juz 16 –juz 20) dengan baik dan benar.

Al-Kahfi ayat 75 sampai surat Al Ankabut ayat 45 (juz 16 – juz 20)


Kelas 3 SMA

Semester I

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al Qur’an surat Al-Ankabut ayat 46 sampai Al-Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Ankabut ayat 46 sampai Al-Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Ankabut ayat 46 sampai Al-Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al-Ankabut ayat 46 sampai Al Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25) Santri sudah hafal surat: Al- Ankabut 46 – Al- Jatsiah ayat 37 (juz 21 juz 25)

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat Al- Ankabut ayat 46 sampai Al- Jatsiah ayat 37 (juz 21 –juz 25) baik dan benar.

Al- Ankabut ayat 46 sampai Al-Jatsiah ayat 37 (juz 21  juz 25)

 

Semester II

Standar Kompetensi

  1. Hafal Al   Qur’an surat Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30).
  2. Mampu mengulang hafalan surat Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30).
  3. Mampu membaca dengan makhraj dan tajwid yang baik dari surat Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30).

 

Kompetensi Dasar Hasil Belajar Indikator Materi Pokok
Hafal dari surat Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30) Santri harus sudah hafal surat: Al-Ahqof 1 sampai surat Annas (juz 26 –juz 30)

Santri Dapat:

Membaca dan hafal surat Al- Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 – juz 30) dengan baik dan benar.

Al-Ahqof ayat 1 sampai surat Annas (juz 26 – juz 30)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JENIS MITRA DAKWAH

RTQ GRAHA QUR’AN MADANI

 

 

Mitra dakwah adalah perorangan atau lembaga yang berniat dalam hati ikut dalam kegiatan dakwah dalam egrakan cintai qur’an Kenali potensi diri dengan mendirikan RTQ Graha Qur’an Madani di tempat masing masing masing baik berupa Rumah pribadi, rumah wakaf, mushola atau masjid.

 

 

Pendirian Graha Qur’an Madani

 

Syarat Pendirian Graha Qur’an Madani

  • Adanya Niat Tulus dari hati untuk berdakwah
  • Adanya tempat pembelajaran.
  • Adanya sarana dan prasana.
  • Adanya kepengurusan.
  • Adanya santri yang belajar.
  • Adanya kegiatan belajar mengajar.

 

Jenis Mitra Dakwah RTQ Graha Qur’an Madani

  • Lembaga Dakwah  (Masjid,    Ta’lim)
  • Lembaga Sosial Kemasyarakatan.
  • Ormas Islam.
  • Lembaga Pendidikan.

 

Catatan: Graha Qur’an Madani tidak diperbolehkan dan digunakan untuk kegiatan politik praktis.

 

 


Jenis Mitra Dakwah

 

Mitra Dakwah Mandiri Perorangan – Non Lembaga

 

Perorangan yang tidak memiliki yayasan atau lembaga yang berniat melakukan dakwah dengan mendirikan RTQ Graha Qur’an Madani dengan syarat kerjasamanya sebagai berikut:

 

  • Menggunakan branding RTQ Graha Qur’an Madani.
  • Menggunakan sistem dan kurikulum RTQ Graha Qur’an Madani
  • Memiliki bangunan sendiri baik milik pribadi, sewa atau wakaf
  • Membiayai dan mengelolah sendiri jalannya pendidikan (biaya Tenaga Pengajar dan operasional)
  • Mencari tenaga pengajar sendiri
  • Mitra dakwah RT Graha Qur’an Madani wajib mencatumkan logo (logo Graha Qur’an Madani disamping kiri)

 

 

CONTOH SPANDUK MITRA DAKWAH PERORANGAN

 

 

 

 

 


Mitra Dakwa Ber-Lembaga

 

Lembaga (Sekolah/Mushola/masjid/ Perusahaan/ Ormas) yang memiliki yayasan atau lembaga sedniri yang berniat melakukan dakwah dengan mendirikan RTQ Graha Qur’an Madani dengan syarat kerjasamanya sebagai berikut:

 

  • Memiliki bangunan sendiri baik milik pribadi, sewa atau wakaf
  • Membiayai dan mengelolah sendiri jalannya pendidikan (Tenaga Pengajar dan operasional)
  • Menggunakan sistem dan kurikulum RTQ Graha Qur’an Madani
  • Mencari tenaga pengajar sendiri
  • Menggunakan branding RTQ Graha Qur’an Madani.

 

Branding Pemasangan Logo RTQ Graha Qur’an Madani

Mitra dakwah RT Graha Qur’an Madani wajib mencatumkan logo (logo Graha Qur’an Madani disamping kiri dan logo lembaga yang bersangkutan berada di sebelah kanan)

 

 

 

SPANDUK MITRA DAKWAH BER-LEMBAGA