Rumah Tahfidz GRAHA QUR’AN MADANI


Berawal dari Satu Titik


Barang siapa membaca Al-Quran dan mengamalkan isinya, maka pada hari kiamat kedua orang tuanya akan dikenakan mahkota yang cahayanya lebih indah daripada cahaya matahari yang masuk ke rumah-rumah, dan dipakaikan kepadanya dua gelang dimana tidak dapat dibandingkan dengan dunia seisinya.

Keduanya berkata kenapa kami mengenakan ini, karena anakmu mengambil Al-Quran. (HR Abu Dawud dan Al-Hakim 1/756 ).

Meningkatkatnya semangat dan kesadaran ke-Islaman di Indonesia adalah anugerah bagi bangsa Indonesia, salah satunya diditandai dengan semangat para orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke sekolah-sekolah berlabel Islam baik formal maupun no formal, termasuk didalamnya maraknya TPA-TPQ dan Rumah Tahfidz Al Qur’an dan Graha muncul di pelosok negeri Indonesia.

Disisi lain, terdapat survei yang menyebutkan bahwa 87% mahasiswa Indonesia mengaku salah jurusan, 70 persen diantaranya disebabkan karena kesalahan orang tua yang tidak memahami potensi terbaik anak sehingga anak mengikuti orang tua untuk mengambil jurusan sekolah atau tidak, sebagian lain karena pengaruh teman dan media social.

Berangkat dari fenomena salah jurusan inilah Graha Quran Madani hadir dalam upaya memenuhi kebutuhan akan pengenalan potensi diri sejak dini bagi anak dan orang tua agar tidak salah asuh.

Graha Qur’an hadir menjadi satu-satunya lembaga pendidikan yang bermoto Cintai Qur’an Kenali Potensi Diri, kami meyakini bahwa dengan memberikan bimbingan potensi diri sejak dini kepada para santri niscaya mereka akan mejadi generasi yang mencintai Al-Quran dan Sunnah dan mengenal potensi sejak dini, sehingga apapun profesi santri di masa depan akan diperankan dengan memegang teguh nilai-nilai dari Al-Quran dan suri tauladan Nabi Muhammad SAW.

Di Graha Quran Madani, santri tidak hanya diajarkan baca tulis dan hafidz Al Quran namun juga diberikan pembekalan pengenalan ilmu parenting bagi wali santri dan potensi santri didik. Kami meyakini bahwa dengan mengajarkan sejak dini kepada anak tentang Al-Quran dan pengenalan potensi diri kelak akan menghasilkan generasi yang mencintai Al-Qur’an dan Mengenali Potensi Diri.


KEUNGGULAN GRAHA QUR’AN MADANI

  1. Tahfidz Qur’an
  2. Pembelajaran menggunakan metode PiES Tes Potensi Diri
  3. Metode PiES WAY 561 (5 Aksi Rukun Islam, 6 Prinsip Rukun Iman, 1 Hati Ihsan)
  4. Akhlak / Character Building
  5. Orang Tua Asuh dan Beasiswa Santri

BUDAYA GRAHA QUR’AN

  1. Memegang teguh 5 Karakter Diri Graha Qur’an Madani
  2. Iqoomatul waajib waihyaaussunnah (mendirikan yang wajib dan menghidupkan yang sunnah)
  3. Sholat fardhu berjamaah pada awal waktu beserta shalat Qobliyah-Ba’diyah-nya
  4. Tilaawatul, hifdzuhu,Qur’fahmuhu,n wal ’amalui bih (membaca Al Qur’an, , memahami, menghaf dan mengamalkannya)
  5. Qiyamul Lail, Sholat Dhuhaa, Puasa Sunnah, Dzikir dan Sholawat
  6. Zakat dan Sedekah
  7. Atta’allum (belajar dan mengajar)
  8. Addu’aa tid’aawal (berdo’a dan minta) dido’akan
  9. Al-ikhlaas, as-shobru, as-syukru warridho (ikhlas, sabar, syukur dan ridho)

Tujuan Program


Mencetak generasi pecinta dan penghafal dan pengamal Al-Qur’an yang mengenali potensi diri

Prinsip Program


Graha Qur’an Madani dalam melaksanakan aktivitasnya bersifat independen dan tidak berpihak pada kepentingan politik, Graha Qur’an Madani ada untuk semua golongan dengan kepentingan dakwah Al-Qur’an

Sasaran Program


Masyarakat muslim yang meliputi anak-anak termasuk balita, remaja, dewasa maupun orang tua baik laki-laki maupun perempuan yang tinggal di suatu kawasan berbasis:

  • Komunitas : Aktivitas Graha Qur’an Madani PiES berada di tengah lingkungan masyarakat di pedalaman, pedesaan, perkotaan, perumahan yang di dalamnya terdapat TPA/TPQ
  • Masjid : Aktivitas Graha Qur’an Madani Graha Qur’an Madani PiES berada di tengah lingkungan masjid yang di dalamnya terdapat TPA/TPQ
  • Sekolah/Madrasah : Aktivitas Graha Qur’an Madani berada di tengah lingkungan sekolah/madrasah baik formal ataupun informal
  • Mahasiswa : Aktivitas Graha Qur’an Madani berada di tengah lingkungan perguruan tinggi/untiversitas
  • Perusahaan/instansi : Aktivitas Graha Qur’an Madani berada di tengah lingkungan perusahaan/instansi